ASDP Tingkatkan Layanan di Kawasan Danau Toba

105

JAKARTA, NMN – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah resmi mengelola Pelabuhan Ajibata dan Pelabuhan Ambarita dengan skema Kerja Sama Pemanfaatan Operasional Barang Milik Negara (KSPO BMN). ASDP pun meningkatkan mutu layanan kepada pengguna jasa di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) kawasan Danau Toba, Sumatra Utara.

“Pelabuhan Ajibata dan Ambarita akan meningkatkan aksesibilitas, kenyamanan dan tentunya mampu mengungkit daya saing ekonomi masyarakat sekitar melalui pemanfaatan tenant,” kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu (21/9).

Shelvy menambahkan, lintasan Ajibata-Ambarita beroperasi sejak pukul 07.00 hingga 20.00 WIB dengan delapan trip penyeberangan. Waktu tempuh antar kedua pelabuhan hanya satu jam yang dilayani satu kapal ferry KMP Ihan Batak. Pada 2021, jumlah penyeberangan di lintasan Ajibata-Ambarita tercatat sebanyak 331.212 orang dan 69.164 kendaraan dengan 2.798 trip.

Ia berharap dengan kehadiran layanan ASDP di lintas Ajibata-Ambarita akan dapat lebih meningkatkan kemajuan sektor pariwisata Danau Toba.

Shelvy menjelaskan, Pelabuhan Ajibata memiliki luas kawasan sebesar 10 ribu meter persegi dengan luas gedung terminal utama sebesar 2.155 m2 yang dilengkapi dengan aksesibilitas modern berupa eskalator dan lift.

Pelabuhan Ajibata juga memiliki 29 unit tenant komersial yang tersebar di area indoor dan outdoor. Sedangkan, Pelabuhan Ambarita memiliki areal lebih luas sedikit dari Peabuhan Ajibata yakni sebesar 7.000 m dengan luas gedung terminal utama 1.540 m yang juga dilengkapi dengan eskalator dan lift.

Pelabuhan Ambarita sendiri memiliki 15 unit tenant komersial yang tersebar di area indoor dan outdoor.

Lanjut dia, ASDP melayani masyarakat di Kawasan Danau Toba dengan mengoperasikan 3 unit kapal yakni KMP Ihan Batak yang melayani lintasan Ajibata-Ambarita, KMP Kaldera Toba yang melayani lintasan Muara-Onan Runggu dan KMP Pora-pora yang melayani lintasan Balige-Onan Runggu.

Lintasan Ajibata-Ambarita yang dilayani KMP Ihan Batak adalah salah satu jalur tersibuk menuju destinasi pariwisata favorit Danau Toba. Dan lintasan ini perdana diterapkan layanan tiket online berbasis web melalui toba.ferizy.com dan per tanggal 1 September layanan tiket online di Lintas Ajibata-Ambarita Danau Toba semakin lancar.

Ia mengatakan, penerapan reservasi tiket online merupakan upaya ASDP mengakselerasi program digitalisasi yang dicanangkan pemerintah sekaligus upaya mempermudah dan mempercepat layanan konsumen dalam reservasi tiket.

“Ditargetkan, seluruh lintasan di Kawasan Danau Toba ini ke depannya juga dapat menerapkan reservasi tiket online, sehingga akan semakin memudahkan masyarakat,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here