Bakamla Akan Tambah Tiga Kapal Patroli

695

Badan Keamanan Laut (Bakamla) dalam tahun anggaran 2016 mengusulkan penambahan kapal untuk patroli. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran hukum di wilayah laut Indonesia.

Kepala Bakamla Laksamada Madya Maritim D.A. Mamahit di Jakarta, Rabu (24/2) mengatakan pihaknya senantiasa akan melakukan peningkatan pengadaan kapal untuk patroli. Sebelumnya, dalam tahun anggaran 2015 Bakamla telah mendapatkan tiga kapal.

“Tahun ini, mudah-mudahan kalau anggaran diizinkan, kita akan tambah tiga kapal lagi,” kata Mamahit.

Data Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan menyebutkan bahwa pada tahun 2016 Bakamlah mendapatkan porsi anggaran APBN sekitar Rp.300.000.000.000.

Porsi anggaran itu diberikan untuk menunjang tugas Bakamla yakni melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia. “Kalau untuk kapal patroli, misalnya yang ukuran 40 GT, untuk satu kapal setidaknya butuh Rp10 miliar, tapi ini kan baru dalam pembahas karena Bakamla baru menjadi mitra kerja Komisi I,” katanya.

Dalam rangka mengantisipasi pelanggaran hukum di wilayah laut Indonesia, lanjut Mamahit, selain menambah kapal untuk patroli pihaknya juga terus meningkatkan pengawasan surveilans. Kemudian meningkatkan kemampuan dibidang intelejen.

“Kami juga menjalin hubungan dan meningkatkan koordinasi dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura untuk menjaga kemanan laut,” pungkasnya.

 

Penulis: Ismadi Amrin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here