Dukung Tol Laut, Bank Mandiri Kucurkan Pembiayaan Rp7,84 Triliun

428

Keberpihakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam pembangunan infrastruktur di Tanah Air semakin menguat. Di sektor infrastruktur kepelabuhan, Bank Mandiri telah merealisasikan pembiayaan hingga Rp7,84 triliun untuk mendukung program tol laut.

Direktur Retail Banking Bank Mandiri Tardi mengatakan pihaknya menyadari besarnya kebutuhan pembiayaan untuk merealisasikan program tol laut yang akan menghubungkan sejumlah pelabuhan sebagai lalu lintas kapal pengangkut di sepanjang wilayah Indonesia.

“Termasuk kebutuhan investasi pembangunan 24 pelabuhan utama yang diperkirakan mencapai Rp70,6 triliun, karena itu kami telah menetapkan sektor pelabuhan sebagai fokus untuk dikembangkan,” kata Tardi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (13/12).

Ia mengungkapkan, hingga Oktober 2016, Bank Mandiri telah menyalurkan pembiayaan untuk pengembangan sektor kepelabuhan sebesar Rp7,84 triliun. “Nilai tersebut meningkat 72% dibanding periode yang sama tahun lalu,” ujarnya.

Menurutnya, proyek-proyek yang memperoleh pembiayaan dari Bank Mandiri antara lain pembangunan Terminal Petikemas Belawan Fase 2 dan pembangunan terminal multi purpose Kuala Tanjung di wilayah kerja Pelindo I, serta proyek pembangunan Makassar New Port di wilayah kerja Pelindo IV.

Selain itu, Bank Mandiri juga telah memberikan kredit modal kerja kepada Pelindo II dan pinjaman transaksi khusus kepada Pelindo III dan Pelindo IV sebagai belanja modal untuk penguatan pelabuhan eksisting, serta pengadaan alat-alat pelabuhan.

 

Penulis: Ismadi Amrin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here