Gernas BBI Tingkatkan Akses Pasar Produk Perikanan

202

JAKARTA, NMN – Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) menjadi bagian dari peningkatan akses pasar untuk mendukung 3 program prioritas pembangunan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang berbasis inovasi dan teknologi menuju ekonomi biru berkelanjutan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjadikan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) bertajuk Warna-Warni Kalimantan Selatan sebagai salah satu penguatan hilirisasi produk UMKM.

Tema “Jelajahi Warna Warni Kalimantan Selatan” dinilai mengandung pesan keanekaragaman Kalimantan Selatan dalam hal kuliner berbahan ikan, corak batik Sasirangan, aneka produk UMKM, dan kekayaan budaya asli Kalimantan Selatan.

Demikian disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono yang hadir secara daring di puncak acara Gernas BBI Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (22/7).

“KKP mendukung penuh program Gernas BBI melalui hastag #PasarLautIndonesia dengan melaksanakan berbagai kegiatan,” jelas Menteri Trenggono.

Melalui program Gernas BBI, Menteri Trenggono memastikan KKP telah melakukan kurasi UMKM terpilih untuk mengikuti program pendampingan, pembinaan branding serta fasilitasi promosi hingga peningkatan kemampuan akses pasar di pasar lokal dan menuju ekspor.

Tahun ini, KKP berkolaborasi dengan Pemprov Kalsel dan Bank Indonesia perwakilan Kalsel dalam melaksanakan program tersebut.

“Sebuah kebanggaan bagi KKP untuk mengadakan kegiatan Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di Kalimantan Selatan,” sambung Menteri Trenggono.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti memaparkan saat ini terdapat 62.389 unit UMKM yang mencakup berbagai jenis usaha pengolahan ikan.

Selama Gernas BBI Kalsel, KKP bersama Pemprov Kalsel dan Bank Indonesia perwakilan Kalsel melakukan pembinaan dan pendampingan UMKM dalam kegiatan produksi, manajemen usaha, promosi dan pemasaran.

Kemudian fasilitasi promosi dan pemasaran produk UMKM unggulan melalui website, medsos, e-commerce, marketplace, serta di ruang terbuka publik. Para UMKM juga dilibatkan dalam pelatihan general dan on boarding bekerjasama dengan Shopee dan Gojek.

“Kita lakukan juga pembinaan dan pendampingan UMKM unggulan siap ekspor; dan melaksanakan kampanye Gernas BBI Kalsel,” urai Artati.

Sebagai campaign manager, KKP berharap tema “Jelajahi Warna Warni Kalimantan Selatan” dapat membangkitkan geliat pertumbuhan ekonomi, khususnya UMKM di Provinsi Kalimantan Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here