Kemenhub Lelang Jalur Tol Laut, INSA Siap Partisipasi

382

Kementerian Perhubungan berencana untuk melakukan lelang untuk tiga rute tol laut dalam waktu dekat. Para pengusaha perkapalan dan pelayaran yang tergabung dalam Indonesian National Shipowners Association (INSA) menyambut positif rencana tersebut dan siap untuk berpartisipasi.

“Kami siap mengikuti lelang rute tol laut yang sesuai dengan rencana pemerintah, kami dapat menggunakan kapal sendiri, dan nanti Pemerintah yang memberikan subsidi operasional kapalnya,” kata Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto, di Jakarta, Kamis (20/10).

Menurutnya, keterlibatan pihak swasta dalam program tol laut akan mengoptimalkan percepatan distribusi logistik di kawasan timur. Karena dengan adanya keikutsertaan pihak swasta, maka akan banyak kapal yang beroperasi untuk optimalisasi tol lalut.

“Langkah ini (lelang rute tol laut) bisa meminimalisir disparitas harga komoditas antara di wilayah Barat Indonesia dengan Timur Indonesia,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah memiliki lelang untuk tiga rute tol laut. Pertama, rute dari Jakarta menuju sisi barat Sumatera, Sibolga hingga ke Nangroe Aceh Darussalam.

Kedua, dari Surabaya menuju ke beberapa wilayah di Kalimantan Utara. Ketiga adalah tetap dari Surabaya dengan tujuan Nusa Tenggara Timur hingga ke Ambon.

“Keterlibatan pelayaran swasta bisa memberi efek positif, khususnya mengoptimalkan hubungan jalur laut antar daerah yang ada di Indonesia,” kata Menhub.

 

Penulis: Ismadi Amrin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here