Kemenhub Perkenalkan Menara Suar Lengkuas ke Delegasi G20

71

JAKARTA, NMN – Kementerian Perhubungan dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut turut berpartisipasi mensukeskan acara G20 dengan menyiapkan salah satu objek yang disinggahi dari kegiatan Island Hopping para delegasi Development Ministrial Meeting/DMM G20 (Menteri Pembangunan Negara Anggota G20) beserta rombongan yaitu Menara Suar Lengkuas.

Selain menjadi unsur keselamatan yang sangat penting dalam lalu lintas pelayaran, Menara Suar Lengkuas ini merupakan menara suar yang paling indah di Indonesia. Adapun Menara Suar L.I.Enthoven atau Lengkuas memiliki tinggi 60 meter yang terletak di Pulau Lengkuas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Mercusuar Pulau Lengkuas ini berada di wilayah kerja Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok.

Demikian disampaikan Kepala Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok, Raymond Sianturi di Pulau Lengkuas, Kepulauan Bangka Belitung Jumat (9/9).

“Menara ini adalah peninggalan sejarah yang harus di rawat dan dilestarikan. Bukan hanya karena fungsi bagi pentingnya keselamatan pelayaran, namun juga karena nilai-nilai sejarah dan nilai estetika yang dimilikinya,” ucap Raymond.

Ia menambahkan, apalagi menara ini juga menawarkan pemandangan gradasi laut yang menawan seperti air laut yang bening, pantai yang putih terang, tumpukan batu granit berukuran raksasa, lambaian pohon nyiur, semua bisa disaksikan dengan jelas disini.

Menara Suar ini dibangun pada tahun 1882 oleh perusahaan Chance Brothers & Co asal Birmingham, Inggris. Menara suar ini terdiri dari 17 lantai dimana setiap lantai terhubung dengan 11 hingga 19 anak tangga dan mulai aktif beroperasi dari pukul 17.00 sore hingga 06.00 pagi.

Untuk menjaga keutuhan dan fungsi menara suar, maka Pemerintah melalui Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok senantiasa berupaya melakukan pemeliharaan dan upaya-upaya pelestarian Menara Suar Lengkuas termasuk pada Tahun 2022 ini yang dilaksanakan bersamaan dengan persiapan menyambut Delegasi DWG G20 Presidensi Indonesia dalam program Islands Hopping di Belitung.

“Para delegasi G20 sangat mengagumi keberadaan dan kondisi Menara Suar Pulau Lengkuas yang masih dalam keadaan sangat baik dan tetap menjalankan fungsi vital bagi keselamatan pelayaran meskipun telah berusia 140 tahun,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here