KM Kendhaga Nusantara 9 Sandar di Pelabuhan Malbufa

190
Foto: Humas Laut

JAKARTA, NMN – Kapal Tol laut KM Kendhaga Nusantara 9 resmi beroperasi di Kepulauan Sula, Maluku Utara dan melakukan sandar perdana di Pelabuhan Malbufa, Sanana pada Rabu (26/1). Dengan demikian, Kepulauan Sula sudah tersentuh Tol Laut.

KM. Kendhaga Nusantara 9 dioperasikan oleh PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero). Kapal ini memiliki kapasitas muatan sekitar 1.300 ton yang memuat 60 buah kontainer.

Kapal ini melayani trayek T-29 dengan rute Tanjung Perak – Piru – Wayaloar – Malbufa – Babang – Saketa – Gimea(Tapeleo)- Bula – Tanjung Perak.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt Mugen Sartoto mengatakan kehadiran Tol Laut di Kepulauan Sula sebagai bentuk kehadiran negara dalam rangka konektivitas nusantara.

“Semoga dengan adanya Tol Laut dapat membangkitan sektor perekonomian masyarakat sekitar,” kata Capt. Mugen dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (27/1).

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sula, H. M. Saleh Marasabessy berharap dengan beroperasinya Tol Laut di wilayah tersebut dapat memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat sekitar.

Dia menambahkan, hadirnya Tol Laut diharapkan dapat meningkatkan manajemen logistik dan digitalisasi bisnis bagi pelaku usaha yang berada di Sula serta memberi kesempatan para pengusaha daerah untuk memasarkan berbagai macam produksi lokal ke luar daerah.

“Saya inginkan kapal ini selamanya bertahan di kepulauan Sula, semua potensi bisa kita muat , dan juga ada konteiner untuk perikanan bisa juga di manfaatkan segra sosialisasi kepada nelayan tuna dan momar,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Sanana Moh Faisal mengatakan sandar perdana kali ini, KM Kendhaga Nusantara 9 mengangkut kayu sebanyak 8-9 kontainer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here