SOP Pelayanan Kedatangan Kapal di Pelabuhan Tanjung Priok Ditandatangani

JAKARTA, NMN – Sejumlah elemen terkait pelayanan kapal di Pelabuhan Tanjung Priok menandatangani kesepakakan bersama tentang Penandatanganan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Kedatangan Kapal Melalui Single Submission (SSm) Pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok serta Pernyataan Bersama Penerapan Mandatory SSm Pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok

Mereka antara lain, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Lembaga National Single Window (LNSW); Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok; Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Type A Tanjung Priok; Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok; Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok; PT. Pelindo (Persero) Regional 2 Tanjung Priok; DPC INSA JAYA; dan DPW ISAA DKI Jakarta.

Penandatanganan dilakukan di Gedung Pelindo Regional 2 Tanjung Priok pada Selasa (25/10), dan disaksikan oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Hendri Ginting, mewakili Dirjen Hubla, Arief Toha Tjahjagama.

Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Capt. Wisnu Handoko mengatakan, maksud penandatangan tersebut adalah Untuk meningkatkan penggunaan dan pelayanan kedatangan kapal melalui Single Submission (SSm) Pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok.

Menurut Capt. Wisnu, tahapan Kegiatan dalam penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Kedatangan Kapal melalui Single Submission (SSm) Pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok serta Pernyataan Bersama Penerapan Mandatory SSm Pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok telah melalui rangkaian pembahasan beberapa kali sebelumnya.

“Ini adalah sebagai pilot, mengingat Pelabuhan Priok adalah barometer pelabuhan di Indonesia, sehingga nanti diharapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Kedatangan Kapal melalui Single Submission (SSm) Pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok dengan INSW nantinya dapat dilakukan di pelabuhan lain,” kata Capt. Wisnu.

SOP Pelayanan Kedatangan Kapal di Pelabuhan Priok Ditandatangani

JAKARTA, NMN – Sejumlah elemen terkait pelayanan kapal di Pelabuhan Tanjung Priok menandatangani kesepakakan bersama tentang Penandatanganan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Kedatangan Kapal Melalui Single Submission (SSm) Pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok serta Pernyataan Bersama Penerapan Mandatory SSm Pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok

Mereka antara lain, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Lembaga National Single Window (LNSW); Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok; Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Type A Tanjung Priok; Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok; Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok; PT. Pelindo (Persero) Regional 2 Tanjung Priok; DPC INSA JAYA; dan DPW ISAA DKI Jakarta.

Penandatanganan dilakukan di Gedung Pelindo Regional 2 Tanjung Priok pada Selasa (25/10) dan disaksikan oleh Direktur Lalu Lintas Dan Angkutan Laut, Capt. Hendri Ginting, mewakili Dirjen Hubla, Arief Toha Tjahjagama.

Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Capt. Wisnu Handoko mengatakan, maksud penandatangan tersebut adalah Untuk meningkatkan penggunaan dan pelayanan kedatangan kapal melalui Single Submission (SSm) Pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok.

Menurut Capt. Wisnu, tahapan Kegiatan dalam penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Kedatangan Kapal melalui Single Submission (SSm) Pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok serta Pernyataan Bersama Penerapan Mandatory SSm Pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok telah melalui rangkaian pembahasan beberapa kali sebelumnya.

“Ini adalah sebagai pilot, mengingat Pelabuhan Priok adalah barometer pelabuhan di Indonesia, sehingga nanti diharapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Kedatangan Kapal melalui Single Submission (SSm) Pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok dengan INSW nantinya dapat dilakukan di pelabuhan lain,” kata Capt. Wisnu.

Latest Article

Langkah Antisipatif Kemenhub Hadapi Lonjakan Penumpang Angkutan Laut

0
Dalam menghadapi Angkutan Lebaran 2023, Kementerian Perhubungan telah menyiapkan beberapa langkah antisipasi untuk menghadapi lonjakan penumpang dan lalu lintas pergerakan angkutan laut. Langkah ini...

Langkah Transformatif Belawan Untuk Masuk Dalam Ekosistem Global

Dalam rangka meningkatkan kinerja dan kapasitas Pelabuhan Belawan agar dapat masuk kedalam ekosistem global, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) mulai mempersiapkan langkah transformatif. Langkah transformatif yang...

Jelang Angleb, Menhub Siapkan Langkah Antisipasi Kepadatan Di Pelabuhan Merak

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2023, Kemenhub terus melakukan upaya persiapan angkutan lebaran. Dalam rangka persiapan tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menggelar rapat...

Indonesia Paparkan Sistem Inaportnet di Sidang IMO FAL Ke-47

Indonesia menghadiri Sidang 47th Facilitation Committee Meeting (FAL 47) yang digelar oleh Organisasi Maritim Dunia atau International Maritime Organization (IMO) pada tanggal 13-17 Maret...

Pemerintah Terapkan Formula HBA Baru, Emiten Mana yang Paling Diuntungkan?

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meluncurkan formula Harga Batubara Acuan (HBA) baru. Hal ini tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM No 41.K/MB/01/MEM.B/2023 tentang...

Related Articles