Kapal Cha-Ro ASDP Efisiensikan Biaya Logistik

546

PT ASDP Indonesia Ferry merencanakan uji coba pengangkutan kontainer dengan mengoperasikan kapal Chasis Roll On-Roll Off (Cha-Ro). Kapal Cha-Ro ini diyakini dapat mereduksi biaya logistik sebesar 20 persen.

“Efisiensi dapat diperoleh dari biaya supir, serta biaya penyusutan dan perawatan armada. Selain itu, produktivitas truk akan meningkat karena dapat digunakan untuk pengangkutan barang lainnya. Penggunaan cha-ro akan dapat mereduksi biaya logistik sekitar 20% lebih besar daripada ro-ro,” kata Hafidah Fahmiasari, Senior Consultant Supply Chain Indonesia (SCI), Minggu (23/7).

Ia menilai cha-ro akan mampu mengurangi masalah muatan lebih atau overload truk. Sehingga bisa mengurangi tingkat kerusakan jalan khususnya di wilayah Pantura.

“Jika cha-ro atau ro-ro dapat mengalihkan penggunaan truk reguler Jakarta-Surabaya dari jalur Pantura sebanyak 5% atau 54.000 truk per tahun dari total 1,08 juta truk, maka diperkirakan biaya perawatan jalan akan berkurang sekitar Rp50 miliar per tahun,” lanjutnya.

Kemudian, tambahnya, uji coba pengangkutan chasis roll on-roll off (cha-ro) akan menghemat Rp50 miliar biaya jalan Panturan. Seperti diketahui, metode chasis roll on-roll off (cha-ro) lebih efisien dibandingkan dengan metode roll on-roll off (ro-ro). Hal ini dikarenakan truk tidak ikut dalam perjalanan kapal.

Hafidah mengatakan pengoperasian uji coba itu akan dilaksanakan satu bulan mendatang untuk rute Merak-Surabaya. Selain itu, dalam jangka panjang perlu dipertimbangkan penggunaan metode lainnya yakni lift on-lift off (lo-lo).

Menurutnya, bila ke depannya metode lo-lo digunakan maka kapastias angkut muat akan lebih besar. Pengembanan dan penggunaan lo-lo juga harus diawali dengan pengembangan dan penataan rantai pasokan komotias. Metode tersebut akan lebih efisien untuk pengangkutan yang besar sehinga dibutuhkan sistem konsolidasi muatan.

“Metode lo-lo membutuhkan infrastruktur dan fasilitas yang memadai, terutama fasilitas bongkar muat, serta pengembangan sistem informasi antar pelabuhan,” pungkasnya.

 

Penulis : Ismadi Amrin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here