Kapal Tol laut Diluncurkan, Menhub Optismis Tekan Disparitas Harga

400
Resume

Dua kapal khusus program tol laut untuk melayani trayek Indonesia barat ke Indonesia timur resmi diluncurkan Pemerintah kemarin. Program ini diperkirakan bisa memangkas 30 persen disparitas harga di wilayah terpencil.

Moda transportasi berjadwal ini akan memberikan manfaat kepastian dengan kewajiban pelayanan publik (public service obligation/PSO). Tujuannya, agar masyarakat yakin bahwa ada kapal barang yang berangkat sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

“Selama ini, harga barang di kawasan timur selalu ditentukan oleh gelombang tinggi atau ada tidaknya kapal yang datang. Sekarang, tidak ada lagi seperti itu. Kapal barang pasti datang, ada atau tidak adanya muatan,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan saat acara peluncuran program tol laut tersebut.

Dengan kepastian jadwal pelayaran, kapal tol laut memberikan kepastian terhadap pelaku usaha. Menurut Jonan, kepastian tersebut akan mempengaruhi harga barang. Harga di Indonesia timur dapat lebih murah sebab pelaku usaha dapat lebih mudah menetapkan harga.

Sebagai informasi, tarif angkutan laut tujuan Biak dengan menggunakan tarif normal adalah Rp48 juta per peti kemas. Namun, melalui program tol laut, tarif angkutan laut hanya Rp8 juta per peti kemas.(Ags)

 

Sumber: Bisnis Indonesia, Rakyat Merdeka, Kompas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here