Korea Bangun Akuarium Teknik Maritim Terbesar di Dunia

617
maritimenews.id
www.

Pemerintah Korea akan mengembangkan akuarium teknik maritim terbesar di dunia untuk penelitian laut dalam seperti simulasi eksperimen tanaman laut.

Investasi gabungan pemerintah dan swasta akan digunakan untuk membangun akuarium teknik maritim pada tahun 2016 yang akan menciptakan lingkungan laut dalam yang sempurna untuk merancang teknologi riset.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (MOF), Kementerian Perdagangan, Industri, dan Energi (MOTIE), dan pemerintah kota Busan akan melakukan peletakan batu pertama untuk proyek tersebut pada 13 Februari.

Pemerintah Kota Busan bekerjasama dengan Korea Research Institute of Ships and Ocean Engineering (KRISO) dan perusahaan industri alat berat seperti Hyundai,Samsung, dan Daewoo akan membangun akuarium dengan panjang 100 meter, lebar 50 meter, dan kedalaman 15 meter. Lingkungan laut dalam tiruan akan ditempatkan di akuarium tersebut untuk penelitian teknik maritim.

Lingkungan tiruan tersebut akan serupa dengan lingkungan laut yang berada di kedalaman 1.000 meter dan dilengkapi dengan peralatan yang mampu menciptakan arus yang serupa dengan arus laut dalam.

Akuarium teknik maritim terbesar lainnya berada di Belanda dengan panjang 36 meter, lebar 45 meter, dan kedalaman 10,3 meter dan di Tiongkok yang dibangun oleh Universitas Shanghai Jiao Tong dengan panjang 40 meter, lebar 50 meter, dan kedalaman 10 meter. (Ast/Mhf)

 

Sumber: marinelink.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here