Penumpang Angkutan Laut Menurun, Menhub Siapkan Strategi

521

Pada musim Lebaran tahun ini pemudik yang menggunakan moda transportasi laut maupun Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan hingga pagi ini belum menunjukkan peningkatan jumlah penumpang dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk itu, Menteri perhubungan pun menyiapkan strategi tersendiri untuk meningkatkan minat masyarakat untuk mudik dengan menggunakan angkutan laut.

Data Posko Nasional Mudik Lebaran Kemenhub 2017 pada Senin (19/6) menunjukkan bahwa untuk penumpang angkutan laut, tercatat jumlah penumpang yang naik dan turun sebanyak 718.821 penumpang atau mengalami penurunan 78,33% dari tahun sebelumnya yaitu 3.316.984 penumpang.

Untuk Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), pada H-7 atau tanggal 18 Juni 2017, tercatat jumlah penumpang sebanyak 80.384, kendaraan roda dua sebanyak 6.739 dan kendaraan roda empat sebanyak 12.081 kendaraan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa ada tiga strategi yang harus diperhatikan agar angkutan laut menjadi primadona bagi para pemudik di waktu yang akan datang.

“Safety, security, dan level of service mesti ditingkatkan,” kata Budi Karya Sumadi.

Ia menjelaskan, aspek keselamatan atau safety harus ditingkatkan dengan kedisiplinan yang tinggi.

Kemudian dalam meningkatkan aspek keamanan atau security angkutan laut, Menhub akan menggandeng unsur TNI dan Polri.

Menurutnya, operator angkutan laut juga dapat meningkatkan pelayanan atau level of service terhadap penumpang angkutan laut. “Kita meminta PT Pelni dan PT ASDP untuk meningkatkan diri dalam hal pelayanan,” ujarnya.

 

Penulis : Ismadi Amrin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here