KM Sirimau Kandas, PELNI Sampaikan Permohonan Maaf

193
Foto: Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere

JAKARTA, NMN – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) menyampaikan permohonan maaf atas kejadian kandasnya KM Sirimau di perairan Pulau Ipet, Perairan Lewoleba, NTT, pada 17 Mei 2022.

“Pelni menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi atas kejadian kandasnya KM Sirimau,” tegas Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI Opik Taupik, Kamis (19/5/2022).

Opik menjelaskan, saat ini pihaknya sedang dan terus berupaya agar KM Sirimau dapat lepas kandas. Upaya awal telah dilakukan dengann memperbantukan KM Gandha Nusantara 14 pada Rabu (18/5/2022) saat pasang tertinggi. Namun upaya ini belum berhasil melepaskan kandasnya KM Sirimau.

Untuk itu, lanjut Opik, PELNI kembali mengupayakan agar KM Sirimau lepas kandas dengan memperbantukan KM Sabuk Nusantara 108.

“KM Sabuk Nusantara 108 juga membantu proses evakuasi penumpang KM Sirimau menuju pelabuhan selanjutnya dengan berkoordinasi kepada sejumlah pihak kepelabuhanan. Selanjutnya 784 penumpang KM Sirimau akan melanjutkan perjalanan dengan KM Sabuk Nusantara 108,” katanya.

Menurutnya, untuk sementara waktu, KM Sabuk Nusantara 108 akan melayani rute KM Sirimau hingga kapal berhasil dikeluarkan dari posisi kandas dan siap dioperasikan kembali.

Adapun rute KM Sabuk Nusantara 108 yang diperbantukan untuk mengevakuasi penumpang KM Sirimau yaitu Kupang-Lewoleba-Maumere-Mananga-Lewoleba-Balauring-Balanusa-Kalabahi.

“Kepada penumpang yang terdampak akibat kandasnya KM Sirimau, kami memperhatikan keselamatan, kesehatan, dan kenyamanan seluruh penumpang selama masa tunggu evakuasi. Seluruh penumpang pun dalam keadaan sehat dan selamat,” terang Opik.

KM Sirimau merupakan salah satu kapal PELNI yang memiliki kapasitas 1000 pax dengan rute Kupang-Lewoleba-Maumere-Baubau-Wanci-Namrole-Ambon-Sorong-Manokwari-Sorong-Ambin-Wanci-Baubau-Maumere-Lewoleba-Kupang.

Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat mengakses akun media sosial PELNI @Pelni162 atau website resmi Perusahaan www.pelni.co.id. Informasi seputar perjalanan dengan kapal PELNI juga dapat ditanyakan melalu call center 021-162 dan WhatssApp di nomor 0811-162-1-162 selama 24 jam.

PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1.058 ruas.

Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 44 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah 3TP di mana kapal perintis menyinggahi 285 pelabuhan dengan 3.695 ruas. PELNI juga mengoperasikan sebanyak 16 kapal Rede. Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini PELNI mengoperasikan 10 trayek tol laut serta 1 trayek khusus untuk angkutan ternak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here