Lagi, KKP Tangkap Kapal Ikan Asing Illegal

318

JAKARTA, NMN – Pelanggaran Illegal Fishing sampai saat ini masih saja ditemukan. Jumat lalu (31/8), kapal pengawas Orca 1, Paus dan Hiu 11 mendapati 3 (tiga) buah Kapal Ikan Asing di perairan Natuna. Ketiga kapal tersebut diketahui berasal dari Vietnam.

Ketika didekati oleh kapal pengawas, salah satu kapal ikan asing tersebut menolak untuk berhenti, bahkan menghadang dan memotong haluan disisi kanan kapal pengawas Orca 1 sehingga akhirnya menyebabkan benturan antara kedua kapal.

Benturan yang sangat keras menyebabkan kapal ikan asing tersebut akhirnya tenggelam. Dalam kapal asing tersebut, terdapat 6 orang ABK yang ada di KIA yang semuanya berhasil diselamatkan dan di evakuasi oleh Kapal Pengawas Hiu 11. Selanjutnya Kapal Pengawas Orca 1 dan Hiu 11 mengawal satu kapal ikan asing dan 12 orang ABK dari 2 Kapal Ikan Asing menuju Pontianak.

Sampai dengan saat ini, Kapal Pengawas Paus dan HMC 01 masih mengawasi gerakan satu KIA yang lain di sisi barat Laut Natuna. Bahkan terpantau Vietnam Coastguard mengawal puluhan KIA Vietnam hingga ke Grey Area.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here