Natuna Akan Jadi Saksi Penenggelaman Kapal Illegal Fishing

398

Pemerintah akan menjadikan wilayah laut Natuna sebagai tempat untuk menenggelamkan kapal penangkap ikan ilegal. Menteri Kelautan dan Perikanan merencanakan penenggelaman kapal pada peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti di Jakarta, Senin (18/7) menyatakan bahwa ada 30 lebih kapal yang bakal ditenggelamkan KKP pada peringatan HUT RI mendatang. Namun, ia belum merinci kapal mana saja yang akan ditenggelamkan di Natuna.

Berdasarkan catatan KKP, hingga saat ini sudah 107 kapal ditenggelamkan oleh KKP, di antaranya enam kapal Malaysia, 39 kapal Vietnam, 34 kapal Filipina, 21 kapal Thailand, empat kapal Indonesia, dua kapal Papua, dan satu kapal Tiongkok.

Menurutnya, penindakan tegas terhadap kapal-kapal asing yang mengambil ikan tanpa izin di perairan nusantara, membuat pertumbuhan sektor perikanan Indonesia meningkat.

Selain itu, lanjutnya, peningkatan pendapatan di sektor perikanan akan menjadi penyeimbang dari penurunan hasil komoditas di pertanian dan pangan, serta menunjukkan komitmen pemerintah Indonesia dalam memberantas praktik pencurian ikan.

 

Penulis: Ismadi Amrin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here