Presdir Freeport Indonesia Mengundurkan Diri

730

Pasca komisaris utama Freeport-McMoRan Inc James Robert (Jim Bob) Moffett mengundurkan diri pada 29 Desember 2015 lantaran harga saham Freeport anjlok, dari sebelumnya US$60 per saham menjadi sekitar US$6 per saham, kini giliran Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin mengundurkan diri.

Dalam pernyataan resmi PT Freeport Indonesia, Maroef menyebutkan, kontrak jabatannya sebagai Presiden Direktur sudah habis. Oleh pimpinan induk perusahaan, yakni Freeport McMoran, Maroef mendapat tawaran perpanjangan jabatan. Namun, ia menolak dan memilih mengajukan pengunduran diri.

“Saya telah berkirim surat pengajuan pengunduran diri sebagai Presiden Direktur Freeport,” kata dia dalam memo ke karyawan Freeport yang tersebar kepada wartawan, Senin (18/1). Maroef mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik dari semua pihak baik yang terkait langsung maupun tidak langsung.

Maroef diangkat sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia sejak 7 Januari 2015 untuk masa jabatan satu tahun. Ia menggantikan Rozik B Soetjipto, yang memasuki masa pensiun.

Jurubicara Freeport Indonesia Riza Pratama membenarkan bahwa bosnya tersebut sudah mengundurkan diri. “Benar beliau resign,” kata dia ke KONTAN, Senin (18/1).

Sementara Vice President Corporate Communication PT Freeport Indonesia Riza Pratama belum mau mengungkap siapa pengganti Maroef. Dalam surat balasan dari CEO Freeport McMoran Richard Adkerson yang tersebar ke wartawan menyebutkan bahwa pengganti Maroef adalah Robert C. Schroeder yang saat ini juga menjabat sebagai salah satu direktur PTFI.

Pengamat energi Marwan Batubara berpendapat, kemungkinan besar pengunduran diri Maroef dari jabatannya itu terkait ketidakberhasilan PT Freeport Indonesia mendapat kepastian perpanjangan operasi di Papua. (Dds/Aam)

 

Sumber: Kompas, Kontan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here