Restorasi Terumbu Karang Perlu Kolaborasi Multipihak

104

Bali, NMN – Restorasi terumbu karang tidak hanya memperbaiki kondisi karang, namun berimplikasi pula pada peningkatan keanekaragaman biota laut yang secara langsung meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir. Karenanya, dibutuhkan kolaborasi multipihak dalam merestorasi terumbu karang.

Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Jodi Mahardi mengatakan kesadaran atas pentingnya terumbu karang telah dimulai sejak tahun 1998 dengan adanya The Coral Reef Rehabilitation and Management Program (Coremap).

Menurutnya, Coremap terdiri dari 3 tahap yaitu tahap inisiasi, tahap akselerasi, dan terakhir tahap penguatan institusi dengan total investasi sebesar lebih dari 170,77 juta dolar.

“Implementasi Coremap di Indonesia tidak hanya memperbaiki kondisi karang, namun berimplikasi pula pada peningkatan keanekaragaman biota laut yang secara langsung meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir,” kata Deputi Jodi, Senin (29/8).

Ia menuturkan, kondisi terumbu karang saat ini perlu mendapat perhatian lebih dari multipihak, tidak hanya pemerintah namun juga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), swasta, maupun pemangku kebijakan.

“Diperlukan aksi nyata agar penambahan kerusakan pada terumbu karang tidak terjadi, serta untuk meningkatkan kondisi kesehatan karang di laut Indonesia. Salah satu aksi nyata tersebut adalah dengan melakukan konservasi dan restorasi melalui program Indonesia Coral Reef Garden (ICRG),” ujarnya.

Menurut Deputi Jodi, tujuan dari ditentukannya area konservasi adalah untuk melindungi dan memanfaatkan fungsi ekosistem terumbu karang sebagai penunjang biota perairan sekitar karang saat ini, maupun yang akan datang.

“Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia serta pemerintah daerah saat ini telah mengaplikasikan fungsi konservasi tersebut. Area konservasi terbukti dapat melindungi area pesisir pada pulau-pulau kecil dan menciptakan manajemen lingkungan yang berkelanjutan,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here