Waspada, Potensi Gelombang Tinggi Ada di Perairan Ini

41
Foto: Istimewa

JAKARTA, NMN – Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 2-4 Maret 2022.

Peringatan dini yang diterima, Rabu (2/3) menyebutkan bahwa gelombang sangat tinggi kisaran 4–6 meter berpeluang terjadi di Samudra Hindia Selatan Jawa Tengah- Jawa Timur.

Selain itu waspada juga gelombang tinggi kisaran 2,5 – 4 meter yang berpeluang terjadi di Laut Natuna Utara, perairan barat Kep Mentawai, perairan Bengkulu, perairan barat Lampung, Samudra Hindia Barat Kep Mentawai-Lampung.

Kemudian disusul Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten-P Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, Samudra Hindia Selatan Banten-Jawa Barat, Samudra Hindia Selatan Bali-NTT.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari utara-timur dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari barat – utara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Jawa, perairan selatan Jawa Tengah-Jawa Timur.

Potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran.

Untuk itu, BMKG selalu mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, terutama bagi nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi seperti perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri maupun kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” demikian peringatan BMKG.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here