Hari Maritim Nasional, Presiden: Laut Penghubung Antarpulau

146

JAKARTA, NMN – Pada Puncak Peringatan Hari Maritim Nasional Tahun 2021, Kamis (23/09), Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa cara pandang terhadap laut harus berubah. Laut bukanlah pemisah melainkan penghubung antarpulau.

“Laut bukanlah belakang rumah yang kita punggungi, tetapi laut adalah halaman rumah tempat kita menghadap. Laut bukanlah tempat untuk membuang yang tidak kita perlukan, tapi laut adalah tempat kita bersandar hidup,” kata Presiden.

Presiden menambahkan, laut adalah sumber penghidupan di mana banyak rezeki tersimpan di dalamnya dan laut adalah anugerah Tuhan yang harus dijaga dan dimuliakan. Oleh karena itu, pemanfaatan kekayaan laut harus dilakukan secara bijak untuk kepentingan generasi sekarang dan juga generasi yang akan datang.

Dicontohkan Presiden, penangkapan ikan di laut harus dilakukan dengan pola penangkapan yang terukur sesuai asas keberlanjutan sumber daya laut.

“Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi secara arif dan bijak akan membuat kita menjadi negara yang kuat dan makmur berbasis kekuatan kemaritiman kita. Selamat Hari Maritim Nasional. Mari kita wujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, Indonesia yang maju dan berkeadilan,” ujar Presiden.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menambahkan, mengajak semua pihak untuk tidak lagi memunggungi laut. Sebagai negara yang terletak di silang paling strategis di dunia, Indonesia harus bisa hebat.

“Posisi silang ini membuat Indonesia menjadi satu tempat yang sangat strategis, perlintasan dari semua jalur-jalur ekonomi maupun jalur pertahanan di kawasan. Saya berharap kita semua tidak melupakan lagi atau memunggungi lagi laut kita,” kata Menko Luhut.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here